Apakah Minyak Aromaterapi

Berikut ini cara sederhana membedakan essential oil (minyak aromaterapi) alami dari yang sintetis:

1. Dikemas dalam botol kaca gelap. Nah, kalau Anda pernah melihat minyak aromaterapi dalam botol-botol kaca bening berukuran kecil dalam aneka wangi bisa dipastikan itu essential oil sintetis atau telah dicampur pelarut.

2. Harga essential oil bervariasi. Jika Anda menemukan essential oil dengan volume dan harga yang sama sebaiknya jangan dibeli. Pasalnya bahan baku essential oil berasal dari alam. Logikanya kalau kita membeli 1 kg bunga mawar vs 1 kg biji pala harganya pasti beda kan? Selain itu, masih ada pula faktor rendemen minyak yang dihasilkan dari tiap-tiap bahan baku yang berbeda. Misalnya daun serai wangi (citronella) memiliki persentase rendemen minyak yang tinggi, tetapi bunga mawar sangat sedikit. Sehingga untuk menghasilkan 1 ml essential oil mawar dibutuhkan hingga puluhan ribu kuntum mawar.

3. Kalau diteteskan di atas kertas dan didiamkan hingga beberapa jam, essential oil alami tidak akan meninggalkan bekas karena ia cepat menguap. Itulah sebabnya essential oil juga kerap disebut minyak terbang.
Note: Kecuali untuk jenis yang berwarna pekat dan kental seperti patchouli atau vetivert.

4. Sejumlah oil seperti green tea, lily, lotus, strawberry, apel, vanilla hampir bisa dipastikan adalah essential oil sintetis. Aroma essential oil sintetis umumnya sangat tajam dibandingkan essential oil alaminya.

Semoga informasi ini berguna untuk pengetahuan Anda agar mendapatkan khasiat aromaterapi yang “sebenarnya”.

Salam Sehat

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s